Karakter Pohon Pelindung

POHON ASEM

Pohon Asem
Pohon Asem

Pohon pelindung yang bagus untuk ditanam, pohon yang tidak tumbuh tinggi terlalu cepat dan bisa berumur lama. Menurut para peneliti, pohon asem adalah tanaman terbaik untuk ditanam karena mampu menyerap polutan berbahaya, seperti timbal, karbon monoksida, nitrit dan sulfur monoksida. Selain itu pohon ini adalah penghasil oksigen yang besar, daunnya rindang, bisa tunbuh besar dan batangnya keras hingga mampu menahan hembusan angin kuat.

POHON MAHONI

Pohon Mahoni
Pohon Mahoni
Daun Pohon Mahoni
Daun Pohon Mahoni

Pohon ini bagus untuk lingkungan karena bisa mengurangi polusi udara sekitar 47%. Ditambah lagi saat hujan, tanah dan akar mahoni akan mengikat air hujan menjadikannya cadangan air.

POHON LAMTORO

Pohon Lamtoro
Pohon Lamtoro

Pohon ini sering ditenam untuk penghijauan lahan, peneduh, pencegah erosi, juga rnenahan angin. Pohon ini tumbuh cepat antara 3 sampai 5 tahun dan tingginya bisa mencapai 13 sampai 18 meter.

POHON KETAPANG

Pohon Ketapang
Pohon Ketapang

Pohon yang berdaun rimbun dan punya akar kuat hingga menahan abrasi. Tinggi pohon ini bisa mencapai 2 meter, sedangkan cengkeraman akarnya bisa sangat kuat.

POHON FLAMBOYAN

Pohon Flamboyan
Pohon Flamboyan
Bunga Pohon Flamboyan
Bunga Pohon Flamboyan

Pohon ini walau berbunga hanya setahun sekali, pohon ini sering dijuluki pohon tercantik di dunia, daunnya yang merapat dan cabangnya yang melebar bikin flamboyan terlihat seperti payung raksasa untuk berteduh yang nyaman.

POHON TREMBESI

Pohon Trembesi
Pohon Trembesi

Pohon Trembesi dikenal pula dengan nama Pohon Hujan ( Ki Hujan ), Albizia saman, Samanea saman, Rain Tree atau Monkeypod, beberapa penelitian, pohon trembesi memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Mampu menyerap karbondioksida (CO2) sebanyak 28,5 ton per tahun. Bentangan kanopinya sangat lebar mampu mencapai hingga 30 meter sehingga menurunkan suhu mikro antara 3-4 derajad Celsius.
  2. Akarnya mampu bersimbiosis dengan bakteri Rhizobium untuk mengikat nitrogen hingga 78 persen dari kandungan nitrogen di udara.
  3. Trembesi mampu bertahan hidup di lahan-lahan marjinal dan lahan-lahan kritis, seperti bekas tambang, bahkan mampu bertahan pada keasaman tanah yang tinggi. Awalnya pohon ini hanya ditemukan di padang savana Peru, Brasil dan Meksiko, yang merupakan daerah yang sangat minim air.
  4. Berdasarkan penelitian Hartwell (1967-1971) di Venezuela, akar trembesi dapat digunakan sebagai obat tambahan saat mandi air hangat untuk mencegah kanker. Ekstrak daun Trembesi dapat menghambat pertumbuhan mikrobakterium Tuberculosis (Perry, 1980) yang dapat menyebabkan sakit perut. Trembesi dapat digunakan sebagai obat Flu, sakit kepala dan penyakit usus (Duke dan Wain. 1981)
  5. Hasil penelitian membuktikan bahwa pohon trembesi yang ditanam diatas lahan satu hektar dapat menghasilkan 0,6 ton oksigen (O2) yang mampu memenuhi kebutuhan oksigen untuk 1.550 orang per hari. Trembesi juga unggul dalam menanggulangi banjir sebab mampu menyimpan 900 meter kubik air tanah per tahun dan mampu menyalur (mentransfer) 4000 liter air per hari.

Hal yang membuat Trembesi menjadi kurang populer sebagai tanaman peneduh di wilayah perkotaan adalah karena pohon ini memiiki jaringan akar yang besar dan luas sehingga sering merusak bangungan atau perkerasan di sekitar lokasi tumbuhnya.

POHON GLODOKAN

Pohon Glodokan
Pohon Glodokan
Daun Pohon Glodokan
Daun Pohon Glodokan

Tanaman glodokan adalah tanaman berupa pohon yang termasuk jenis pohon evergreen dan berasal dari wilayah India. Disebut sebagai pohon evergreen, karena tanaman ini bisa tumbuh baik walaupun lingkungan tempat ia hidup mengalami perubahan cuaca atau iklim. Tanaman glodokan ini tumbuh tegak lurus ke atas dengan tinggi yang bisa mencapai 30 hingga 35 meter.

Tanaman glodokan ini termasuk tanaman yang populer dan digemari di Indonesia karena tampilan pohonnya yang menarik. Selain itu, tanaman glodokan juga sering dijadikan sebagai penghias dan pagar hidup. Pohon glodokan bisa menyerap polusi sedang, cocok ditanam di trotoar perkotaan.

POHON ANGSANA

Pohon Angsana
Pohon Angsana
Daun Pohon Angsana
Daun Pohon Angsana
Bunga Pohon Angsana
Bunga Pohon Angsana

Pohon angsana memiliki ciri-ciri, tinnginya hingga mancapai 40 m, kulit kayu berwarna coklat kemerah-merahan, daunnya majemuk dan menyirip, panjangnya hingga 12-30 cm, sedangkan bunganya berwarna kuning dan memiliki harum yang semerbak. Pohon ini juga ada buahnya, dengan ciri-ciri bundar pipih dan berwarna kuning kecoklatan.

Pohon angsana merupakan salah satu pohon yang memiliki manfaat beragam dalam hidup kita, mulai dari daun hingga getahnya memiliki banyak manfaat. Semua bagian dari pohon angsana ini memiliki manfaat semua. Dari pohon dan getahnya berguna untuk produksi bahan-bahan mebel, sedangkan di bidang kesehatan yang memiliki peran penting adalah daun angsana.